Setjen DPR Sosialisasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat

29-07-2020 / SEKRETARIAT JENDERAL
Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti (kanan) saat sambutan sosialisasi aplikasi “Sidumas” di Ruang Rapat Pansus, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (29/7/2020). Foto : Oji/Man

 

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti mengatakan, kehadiran Aplikasi Administrasi Pengaduan Masyarakat (Sidumas) diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja, baik di lingkungan Sekretariat Jenderal maupun Dewan. Selain itu, adanya aplikasi ini menjadi momentum bagi pergerakan reformasi birokrasi yang makin akuntabel, serta komitmen mewujudkan profesionalisme aparatur di lingkungan Setjen DPR RI.

 

Maya, sapaan akrab Damayanti, dalam sambutan sosialisasi aplikasi “Sidumas” di Ruang Rapat Pansus, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (29/7/2020) menuturkan, Biro Hukum dan Pengaduan Masyarakat adalah salah satu unit kerja penting di DPR RI, karena program ini sejalan dengan visi misi DPR RI, yakni fungsi representasi menuju Parlemen Modern.

 

“Untuk itu saya meminta agar semua elemen unit kerja yang terhubung dalam proses pengaduan masyarakat bersama-sama bergotong royong dan bersinergi dalam mengelola sistem aplikasi pengaduan masyarakat yang terbaru ini, sehingga kita dapat memproses pengaduan masyarakat secara tepat dan cepat,” ujar Maya.

 

Khusus untuk Komisi atau Badan yang merupakan ujung tombak untuk meningkatkan layanan publik terkait pengaduan masyarakat, Maya meminta agar ada realisasi dan komitmen bersama guna menindaklanjuti setiap aduan yang diterima. Menurutnya, aplikasi baru “Sidumas” sudah dapat dipergunakan secara online, sehingga mempermudah unit terkait untuk memproses dan memantau progress dari aduan masyarakat tersebut.

 

“Jadi tidak ada alasan komisi telat menerima aduan masyarakat, kedua ada fasilitas yang mencatat apakah aplikasi di Komisi itu sudah ditindaklanjuti atau belum. Ini juga sangat bermanfaat bagi peningkatan kinerja dewan sebagai representasi dari masyarakat, artinya semua pengaduan dari masyarakat dapat ditindaklanjuti,” jelas Maya

 

Selain itu, Maya juga mengimbau agar pegawai lebih membuka diri jika menerima pengaduan terkait kinerja pegawai di lingkungan Setjen itu sendiri.  Dengan harapan dapat mewujudkan akuntabilitas kinerja di lingkungan lembaga pemerintahan, sesuai dengan agenda reformasi birokrasi. “Saya meminta semua berbesar hati terhadap perubahan diri sendiri dan menerima pengaduan-pengaduan kinerja jika ada untuk kemajuan kita bersama,” pesan Maya. (ann/sf)

BERITA TERKAIT
Suprihartini: Media Sosial, Kanal Utama Bangun Persepsi Publik Jaga Citra DPR
13-08-2025 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta – Dalam mendukung dan mewujudkannya komunikasi terintegrasi dengan satu narasi Sekretariat Jenderal DPR RI , Biro Pemberitaan Parlemen...
CPNS Setjen DPR RI Harus Jadi Agitator Informasi Publik Kinerja Dewan
13-08-2025 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta –Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menilai peningkatan keterampilan digital para pegawai, khususnya CPNS, menjadi penting, sehingga...
“Satu Narasi, Multi-Kanal” Platform Komunikasi Politik DPR Sampaikan Kinerja ke Publik
13-08-2025 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta - Sekretaris Jendral DPR RI, Indra Iskandar, mendorong pentingnya penerapan strategi “Satu Narasi, Multi Kanal” dalam komunikasi politik...
Sekjen DPR RI Sambut Baik Rencana Kedatangan Ketua Majelis Nasional Vietnam
13-08-2025 / SEKRETARIAT JENDERAL
PARLEMENTARIA, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar menyambut baik rencana kedatangan Ketua Majelis Nasional Vietnam, Mr. Tran...